Rabu, 17 Juni 2009

Format Hardisk FAT32, External Drive

Ketika mencoba menformat Harddisk atau pun External Drive seperti (flashdisk, Harddisk external, Memory Card, dll) dengan menggunakan Operating System (OS) Windows XP Professional (Win XP), biasanya ada kesulitan ketika memilih drive, kemudian di klik kanan lalu Format dalam textbox pilihan formatting disk tidak ada pilihan FAT32 seperti gambar dibawa ini:


Hal diatas membuat bingung sebagian orang mungkin tidak untuk pengguna OS Linux. sebelumnya ada aturan yang musti ditaati oleh pengguna ataupun pecinta dari format FAT32, bahwa ada batasan ukuran harddrive jika anda akan memformat device anda dengan menggunakan system FAT32, berikut kutipannya "Unfortunately, Windows XP and Windows Server 2003 will only format a removable drive in FAT32 if it’s less than 32GB! Hmmm…that pretty much cuts out ALL modern external hard drives!" (http://www.online-tech-tips.com/computer-tips/formatting-external-hard-drive-to-fat-32/)


Disini saya akan berikan tips & trik bagaimana cara menformat device harddisk/external disk anda.


Pertama:

Buka Command Prompt anda dengan KLIK tombol START serta RUN atau menekan tombol windows ( ) secara bersamaan dengan tombol R pada keyboard anda (+ ) , Sehingga keluar seperti:

command prompt

ketik "CMD" pada textbox Open: lalu klik OK atau tekan Enter.


Kedua:

ketik Format /FS:FAT32 X: enter

X: adalah lokasi Drive yang akan and format (misal: format /fs:fat32 g:)

format external hard drive fat32



Jika ada Konfirmasi seperti gambar diatas "Proceed with Format (Y/N)?" ketik Y untuk melanjutkan format diskdrive/external device. Tunggu sampai Selesai.

Dan.... SELAMAT! anda sudah berhasil memformat hardisk/external device.



Cara Optional lainnya:

Cara lainnya yaitu menggunakan Program tools tambahan yang diinstal pada komputern anda. Dalam hal ini saya menggunakanSwissKnife yaitu sebuah program kecil untuk memformat device. anda bisa mendapatkan program tersebut dengan mengklik disini.

untuk menjadi catatan SwissKnife adalah software freeware alias gratis tidak hanya membuat format sistem file seperti USB, Firewire, PCMIA, SATA and SCSI melainkan dapat mempartisi harddrive yang anda miliki selain itu format berjalan lebih cepat ketimbang anda menjalankan format dari OS Windows.



swissknife


Selamat Mencoba!!!



1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.